[UPDATE] Persyaratan Umum Beasiswa Pemprov Kaltim 2011


A. Jenis 
  1. Stimulan; adalah bantuan yang diberikan kepada siswa dan mahasiswa Kaltim dengan maksud membantu sebagian kebutuhan pendidikan selama satu tahun dan tidak wajib untuk diperpanjang
  2. Beasiswa Biasa; adalah bantuan pendidikan belajar yang diberikan kepada siswa dan mahasiswa Kaltim berupa biaya penyelenggaraan pendidikan hingga selesai pada waktu yang ditentukan (sesuai syarat dan ketentuan), tidak termasuk biaya hidup, asuransi, akomodasi dan kebutuhan personal lainnya.
  3. Beasiswa Penuh; adalah bantuan pendidikan belajar yang diberikan kepada siswa dan mahasiswa Kaltim berupa biaya penyelenggaraan pendidikan, biaya hidup, penelitian, buku, asuransi, akomodasi, dengan jangka waktu hingga selesai studi sesuai syarat dan ketentuan.
B. Sasaran
Siswa dan mahasiswa yang menempuh pendidikan pada satuan pendidikan di Kalimantan Timur atau siswa dan mahasiswa asal Kalimantan Timur yang secara mandiri atau secara khusus dikirim oleh Pemerintah Daerah untuk menempuh pendidikan di luar Kalimantan Timur.
 
C. Jangka Waktu Pemberian Beasiswa
  1. Stimulan diberikan selama 1 (satu) tahun, dengan alokasi dana bantuan bervariasi menurut jenjang pendidikan, jenis pendidikan, tempat satuan pendidikan, dan kondisi peserta didik.
  2. Beasiswa diberikan sejak siswa atau mahasiswa dinyatakan menerima beasiswa ini hingga maksimal selama 6 (enam) semester untuk program S3, 4 (empat) semester untuk Program S2, 8 (delapan) semester untuk program Diploma IV dan S1, dan selama 6 (enam) semester untuk program Diploma III, serta masa waktu normal untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah, dengan ketentuan penerima beasiswa berstatus siswa atau mahasiswa aktif.
D. Persyaratan Umum
  1. Warga Negara Indonesia dan berdomisili di Kalimantan Timur atau asal keluarga Kalimantan Timur ditandai dengan KTP dan/atau Kartu Keluarga Kalimantan Timur atau Keterangan resmi lainnya.
  2. Diutamakan dari keluarga kurang mampu / miskin dan/atau memiliki prestasi akademik dan non akademik (olah raga dan seni) khusus tingkat nasional dan/atau internasional.
  3. Terdaftar dan aktif sebagai Pelajar atau Mahasiswa yang ditandai dengan Kartu Pelajar / Kartu Mahasiswa disertai Keterangan dari Kepala Sekolah atau Keterangan Aktif Kuliah dari Perguruan Tinggi. Bagi Mahasiswa baru harus dilengkapi dengan Surat Keterangan diterima sebagai Mahasiswa Perguruan Tinggi atau Letter of Acceptance (LoA) bagi Calon Mahasiswa Luar Negeri.
  4. Mahasiswa yang terdaftar pada perguruan tinggi yang memperoleh izin resmi penyelenggaraan program studi dari Ditjen Dikti Depdiknas dan bukan merupakan kelas jauh.
  5. Menunjukkan Raport Prestasi (jenjang Dikdasmen) atau Transkrip Akademik (Jenjang Dikti) atau ijazah dan transkrip akademik jenjang pendidikan sebelumnya bagi calon mahasiswa baru.
  6. Melampirkan fotokopi Buku Rekening Aktif dengan Nama Pemilik Rekening yang sama dengan nama penerima beasiswa/stimulan sesuai kartu identitas diri.
  7. Diutamakan bagi pelajar dan mahasiswa yang berprestasi dibidang akademik atau dari keluarga tidak/kurang mampu (Surat Keterangan Tidak Mampu dari Ketua RT / Lurah / Kepala Desa setempat, dan kwitansi pembayaran rekening listrik/air/telepon).
  8. Menandatangani Surat Perjanjian bermaterai cukup bahwa akan bersedia mengabdi di Kalimantan Timur setelah menyelesaikan studi pendidikan tinggi.
  9. Tidak sedang menerima beasiswa dari sumber lain baik pemerintah (pusat dan daerah), pemerintah negara lain maupun swasta dalam dan luar negeri, ditandai dengan surat pernyataan bermaterai cukup.
  10. Bukan karyawan BUMN/BUMD/Perusahaan Swasta Asing/Perusahaan Swasta Besar lainnya.
  11. Mengisi formulir beasiswa/stimulan yang disediakan secara on-line dan manual.

Melengkapi berkas-berkas yang dipersyaratkan

Bagi para pemohon beasiswa dapat menyerahkan secara kolektif   pada :
  • perguruan tinggi masing - masing (sesuai dengan Skema Alur Penyerahan Berkas)
  • Kabupaten/Kota Masing-masing / Diknas Kab/Kota
  • Langsung pada Tim Pengelola Beasiswa Provinsi Kalimantan Timur ( Jl. Jendral Sudirman No.35 Telp (0541) 201949    )  dengan ketentuan Sebagai Berikut :
             Map yang diserahkan sesuai dengan warna berdasarkan jenjang pendidikannya  :               
               1.  Diploma Map Warna (Merah)
               2. Strata 1 (S1) Map Warna (Kuning)
               3. Strata 2 (S2) Map Warna (Hijau)
               4. Strata 3 (S3) Map Warna (Biru)

Catatan :
Diatas Map diberi kode beasiswa dan jenjang pendidikan 
Tidak ada komentar

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Silahkan masukkan komentar anda, TIM admin akan segera membalas, dan memberikan jawaban terhadap pertanyaan anda,