Faturrahman (Kabag Pendidikan Seni dan Budaya, Biro Sosial Setprov Kaltim) "Proses Pencairan Beasiswa Sudah dilakukan pada 10 Desember Lalu"


Rp 70 Miliar untuk 30 Ribu Orang
Pemprov Cairkan Beasiswa Pelajar dan Mahasiswa

Senin, 20 Desember 2010 
 
SAMARINDA- Pemprov Kaltim mulai mencairkan beasiswa kepada pelajar hingga mahasiswa. Diketahui, beasiswa tahun ini digelontor untuk 30 ribuan orang dengan dana yang dikucurkan Rp 70 miliar. Jumlah penerima ini naik dari tahun sebelumnya, yang ada pada angka 25 ribu penerima. Jumlahnya pun sama, Rp 70 miliar.
Kabag Pendidikan Seni dan Budaya, Biro Sosial Setprov Kaltim Faturrahman menyebutkan, proses pencairan beasiswa sudah dilakukan pada 10 Desember lalu.
“Saat ini mungkin sudah ada yang menerima di masing-masing rekeningnya,” kata Faturrahman.
Dia menjelaskan, untuk pencairan beasiswa di perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS) di Samarinda, transfer langsung dari Pemprov ke rekening masing-masing penerima. Sementara, untuk PTN dan PTS di luar Samarinda, pencairannya melalui universitas masing-masing. Yakni, Pemprov mengirimkan dana ke rekening universitas, lalu universitaslah yang mentransfer ke rekening mahasiswa.
Menurutnya, bagi PTN dan PTS di luar Samarinda penerima beasiswa wajib mengirimkan laporan pertanggungjawaban pencairan beasiswa tersebut kepada Pemprov. Pemprov, kata dia, memberi waktu satu bulan sejak dana dicairkan ke universitas, untuk menyampaikan laporan pertanggungjawaban.
“Lpj setidaknya kita sudah terima Januari tahun depan,” tuturnya.
Menurutnya, jika ada PTN atau PTS luar Samarinda yang tidak memberikan Lpj, pihaknya akan melakukan evaluasi, dan mempertimbangkannya jika ada usulan untuk kembali menerima beasiswa pada 2011.
“Lpj ini khusus bagi PTN dan PTS di luar Samarinda. Kalau universitas-universitas di Samarinda tidak diminta Lpj, karena beasiswa langsung ditransfer ke rekening masing-masing mahasiswa,” ujarnya.
Data di Biro Sosial, tiga besar penerima beasiswa tahun ini adalah Samarinda, Balikpapan, dan Kutai Kartanegara. Jumlah penerima masing-masing, 1.979 orang, 1.739 orang, dan 1.533 orang. Tahun ini beasiswa yang diberikan kepada pelajar dan mahasiswa disesuaikan jurusan yang diambil.
Penerima beasiswa ini, jelas dia, dibagi dalam 17 kategori. Rinciannya, untuk pendidikan dasar dan menengah ada lima kategori, diploma dan strata 1 ada empat kategori, strata 2 dan strata 3 masing-masing juga empat kategori.
Mulai tahun ini juga, Pemprov menetapkan 11 jurusan khusus penerima bantuan yang mendukung visi dan misi Kaltim. Seperti, jurusan kedokteran dan tenaga kesehatan untuk menunjang Puskemas 24 jam yang sudah dikembangkan di beberapa daerah. Juga jurusan teknik kimia dan industri untuk menopang program industrialisasi di Kaltim.
Begitu juga untuk jurusan akuntansi yang sangat penting untuk menciptakan tata kelola keuangan yang lebih baik. Sehingga, pada tahun yang akan datang Kaltim bisa meraih predikat wajar tanpa pengecualian (TPD) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). (far)

Tidak ada komentar

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Silahkan masukkan komentar anda, TIM admin akan segera membalas, dan memberikan jawaban terhadap pertanyaan anda,